Rabu, 19 Desember 2018

Tips Menjaga Kesehatan Tulang


TIPS MENJAGA KESEHATAN TULANG

Siapa yang tak mau tubuh sehat dengan tulang yang kuat? Pasti semua orang menginginkannya. Layaknya menabung, menjaga kesehatan tulang menjadi satu kewajiban yang harus dilakukan sejak usia muda agar Anda dapat merasakan manfaatnya pada hari tua.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang, salah satunya melalui aktivitas sehari-hari. Apa saja caranya? Simak lima ulasan berikut! 

1. Tetap Aktif dengan Olahraga

Manfaat olahraga sudah banyak diketahui kebaikannya untuk tubuh kita, termasuk menjaga kesehatan tulang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh epidemologist Tom Lloyd, menjaga fisik tetap aktif dengan olahraga memiliki manfaat jauh lebih baik untuk tulang daripada mengkonsumsi susu. Tidak usah diragukan lagi, dengan olahraga secara rutin Anda dapat merasakan manfaat dari tulang yang kuat dan terhindar dari osteoporosis.

Cobalah latihan mengangkat beban setelah melakukan olahraga cardio pemacu jantung, seperti lari, jogging dan lompat tali. Jenis latihan ini akan membantu untuk mempertahankan kepadatan tulang Anda. Ditambah lagi, stamina Anda juga akan semakin meningkat dengan latihan yang rutin.

Sungguh cara yang mudah untuk berinvestasi kesehatan, bukan?

2. Perhatikan Postur Saat Duduk

Pernahkah Anda merasa pegal-pegal setelah duduk seharian? Mungkin postur duduk Anda kurang benar.

Postur duduk yang tidak tepat dapat membuat rasa tidak nyaman pada leher Anda, bahkan mengganggu kesehatan tulang punggung jika terus terjadi. Jika terbiasa dengan duduk membungkuk, tidak heran badan akan terasa sakit setelahnya.

Untuk mengatasinya, duduklah dengan posisi tegak dan santai. Perhatikan juga posisi kaki serta kepala Anda, usahakan untuk menapak di lantai dan tetap bersandar. Dengan memperbaiki kebiasaan seperti postur duduk yang kurang baik, Anda juga dapat menjaga kesehatan tulang belakang agar terhindar dari cedera.

3. Pastikan Tubuh Ternutrisi

Ingin tulang yang kokoh dan padat? Memastikan tubuh Anda tetap ternutrisilah jawabannya.

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau susu adalah sumber kalsium yang baik untuk tulang Anda. Lebih sering mengkonsumsi produk susu lainnya seperti keju dan yoghurt tentu menjadi alternatif untuk sumber nutrisi bagi tulang.

Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi sayuran hijau dan buah, seperti brokoli serta alpukat yang juga baik untuk kesehatan tulang Anda. Selain itu, makanan yang kaya vitamin D juga bisa membantu penyerapan tubuh Anda terhadap kalsium agar lebih maksimal lagi, produk kedelai dan ikan salmon misalnya.

4. Hindari Konsumsi Alkohol dan Rokok

Selain mengkonsumsi makanan tertentu, menghindari konsumsi beberapa hal juga perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang.  

Sebut saja rokok dan alkohol, dua hal yang memang terkenal dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan ini juga dapat menganggu penyerapan kalsium pada tubuh Anda. Tidak hanya itu, kalsium yang telah tersimpan dalam tubuh Anda juga dapat terbuang sia-sia.

Jadi, jangan sampai makanan kaya kalsium yang telah Anda konsumsi tidak terasa manfaatnya!

5. Beraktivitas Luar Ruangan di Pagi Hari

Sudah tahu kan jika beraktivitas di bawah paparan sinar matahari pada jam-jam tertentu bermanfaat untuk tulang Anda?.

Terpapar sinar matahari selama 10 hingga 15 menit pada pagi hari dapat merangsang produksi vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Dengan jumlah vitamin D yang tercukupi, pastinya penyerapan kalsium pada tubuh Anda akan lebih maksimal.

Jadi, apakah Anda sudah tak sabar untuk memulai aktivitas-aktivitas tersebut untuk menjaga kesahatan tulang?



demikian, tips kesehatan untuk menjaga tulang dari saya guys.. semoga bermanfaat yah
😃😃😃
jangan lupa bahagia guys, karena itu sangat penting dalam kesehatan jiwa maupun raga.
hehehehe....

_berkah dalem_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Menjaga Kesehatan Tulang

TIPS MENJAGA KESEHATAN TULANG Siapa yang tak mau tubuh sehat dengan tulang yang kuat? Pasti semua orang menginginkannya. Layaknya m...